Kondisi fluktuatif, dan pagi tadi sekitar pukul 03. 56 WIB terjadi kubah guguran

REPUBLIKA. CO. ID, MALANG — Aktivitas Gunung Semeru dilaporkan masih fluktuatif pada Rabu (2/12). Meski demikian, status gunung berketinggian 3. 676 di atas permukaan laut (mdpl) ini masih level waspada atau dua. “Masih fluktuatif, masih didominasi kubah guguran. Malah tadi pagi pukul 03. 56 WIB ada kubah guguran berlaku, ” kata Petugas Pos Gunung Api (PGA) Semeru di Bukit Sawur, Mukdas Sofyan saat dihubungi wartawan, Rabu (2/12).

Mukdas melaporkan, saat ini Gunung Semeru masih didominasi kabut. Namun pihaknya masih sempat mengamati adanya awan panas guguran (apg). Gegana panas guguran ini memiliki renggang luncur sekitar 2. 500 meter mengarah ke tenggara.

Secara rinci, Mukdas mencetak, telah terjadi APG sebanyak utama kali dengan amplitudo 20 milimeter (mm) dan durasi 1. 445 detik. Gunung Semeru juga dilaporkan mengalami guguran sebanyak 11 kala dengan amplitudo sekitar tujuh datang 20 mm dan durasi 110 sampai 250 detik.   Tatkala data tremo harmonik sebanyak besar kali dengan amplitudo satu sampai dua mm. “Dan durasinya satu. 798 sampai 2. 400 detik, ” ucap dia.

Mukdas mengimbau masyarakat tidak melakukan aksi di dalam radius satu kilometer (km) dan empat km di sektor lereng selatan-tenggara kawah rajin. Ssbab, lokasi tersebut merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru sebagai alur luncuran awan radang. Pembatasan jarak ini juga ditunjukkan untuk mewaspadai gugurnya kubah lava di kawah Jongring Seloko.