Tarif perniagaan untuk AS ini berlaku mulai hari ini.

REPUBLIKA. CO. ID,   BRUSSELS – Asosiasi Eropa (UE) akan memberlakukan tarif terhadap barang dan jasa Amerika Serikat (AS) senilai 4 miliar dolar AS terhadap bantuan ilegal untuk produsen pesawat Boeing. Tapi, UE berharap, hubungan perdagangan perut pihak akan membaik setelah Pemimpin Donald Trump meninggalkan White House.

Seperti dilansir di AP, Selasa (10/11), tarif ini mulai  sahih pada hari ini. Menteri perniagaan UE menyetujui langkah tersebut kira-kira pekan setelah arbiter internasional menganjurkan lampu hijau kepada UE untuk melakukan tindakan hukuman.

Organisasi Perniagaan Dunia (WTO) telah menganggap ilegal terhadap beberapa dukungan AS untuk Boeing yang merupakan saingan mengandung bagi Airbus dari UE. Selain itu, WTO menyebutkan, UE mampu membalasnya dengan sejumlah penalti terpatok terhadap perdagangan AS.

“Sayangnya, terlepas dari upaya baik kami, karena kurangnya progress dari pihak GANDAR, kami dapat mengonfirmasi bahwa UE akan mulai menggunakan hanya hari ini dan memberlakukan tindakan reaksi yang diberikan kepada kami oleh WTO, ” ujar Wakil Kepala Eksekutif Komisi UE Valdis Dombrovskis.

Ia menegah memberikan perincian yang tepat melanggar tarif. Tapi, menurutnya, UE mau mengaplikasikannya ke produk pertanian & industri.

WTO telah memutuskan, Boeing diberi keuntungan yang tidak adil terhadap Airbus melalui keringanan pajak dari negeri bagian Washington, tempat Boeing bermarkas. Tapi. Setelah keputusan WTO, GANDAR mencabut keringanan pajak, membuat keluhan UE terlihat ‘usang’ di mata pejabat AS.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer menjelaskan, AS kecewa dengan kesibukan yang diambil oleh UE. Menurutnya, tuduhan subsidi kepada Boeing sudah dicabut sejak tujuh bulan lulus dan UE telah berkomitmen untuk mengikuti aturan WTO sejak periode.

“Tapi, pemberitahuan UE hari ini menunjukkan bahwa mereka melakukannya hanya jika kesimpulan itu nyaman bagi mereka, ” tutur Lighthizer.

Setahun yang lalu, WTO menetapkan dengan cara yang sama buat mendukung AS dengan mengizinkannya menyerahkan penalti pada barang-barang UE senilai 7, 5 miliar dolar AS atas dukungan Eropa untuk Airbus. Beberapa barang yang dikenakan beban adalah keju Gouda, wiski malt dan anggur Prancis.

Setelah Trump juga melegalkan tarif terhadap baja dan aluminium UE serta mengancam akan mengesahkan sanksi terhadap mobil, masyarakat Eropa berharap dia akan menahan beban yang terkait dengan sengketa Airbus-Boeing. Tapi, karena berulang kali urung mencapai solusi yang dinegosiasikan, UE memutuskan untuk mengumumkan hukumannya sendiri.

Dombrovskis membaca, pihaknya meminta kepada AS buat menyetujui pembatasan tindakan balasan dengan ada dengan segera untuk menghapuskan permasalahan ini.

Sementara itu, Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier menjelaskan, menetapkan tarif ke AS merupakan kebijakan yang logis. Sebagian besar dari 27 negara anggota UE setuju.

Eropa berharap, tabiat perdagangan yang keras antara UE dengan Trump bisa melunak masa presiden terpilih Joe Biden menjabat pada Januari. Dombrovskis menyambut indah komitmen Biden terhadap aliansi universal, sistem multilateral dan untuk memajukan hubungan dengan UE.

 

sumber: AP