SUCI. CO. ID,   REPUBLIKA. CO. ID,   REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Teka-teki pendiri Depan Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk pulang ke Nusantara setelah sekian lama tinggan di Makkah muai terjawab. Melalui unggahan di tweeter-nya dia memastikan  mengambil akan pulang ke Indonesia di 10 November 2020 mendatang.

Tak hanya soal waktu kepulangan, Habib Rizeik pun menyatakan sesampainya di Jakarta, Habib Rizieq dan keluarga akan langsung kembali ke kediamannya di Petamburan, Jakarta Barat.

“Hari Senin tanggal 9 November, Insya Allah saya dan keluarga akan terbang dari Bandara Jeddah pukul 19. 30 waktu Saudia, dengan pesawat Saudia Airlines bagian penerbangan SP 816, ” perkataan Habib Rizieq melalui  live streaming, Rabu (4/11).

“Insya Allah, Pesawat kami akan muncul di Cengkareng pada 10 November di Terminal III pada jam 09. 00 waktu Jakarta, ” ucapnya melanjutkan.

Buah hati Rizieq mengatakan, setelah mendarat, dirinya dan keluarga akan langsung kembali ke kediamannya di Petamburan, Jakarta Barat. “Kami akan istirahat, maka jika ada para habaib, kyai dan kawan-kawan yang ingin bersemuka sudah tahu saya ada dimana, ” katanya.

Kekasih Rizieq juga memastikan sudah tidak ada masalah terkait kepulangannya, termasuk kabar yang mengatakan dirinya tak bisa kembali ke Indonesia karena  over stay.

“Jadi kalau ada yang bilang soal  over stay  lagi, siapapun itu, baik pejabat di Indonesia maupun diluar, akan saya tuntut dengan hukum, karena itu sama saja menuduh saya melakukan pelanggaran, ” tegasnya.

Seperti diketahui selama ini kepulangan Habib Riziek dari Saudi ke Indonesia selain memancing kontroversi juga tidak ada yang pasti. Beberapa tahun suram masa FPI sudah berada pada Bandara Soekarno-Hatta untuk menyambutnya. Tapi Riziek ternyata tak kembali ke negara.

Situasi itu kemudian memicu perdebatan panas. Apalagi pihak duta besar Arab Saudi kala itu sempat mengeluarkan pernyataannya ketika berkunjung ke kantor PP Muhammadiyah. Dan soal kepulangan habib Riziek kali ini kembali menyembul sekitar dua pekan silam.

Sekretaris Umum FPI, Munarman mengatakan memang Habib Riziek akan pulang pada hari Selasa, 10 November 2020. Kepulangan dia tepat dari Arab Saudi dengan memakai pesawat maskapai Saudia Air Lines.

”Jadi Hbaib pulang langsung ke Jakarta. Tidak transit di manapun. Habib akan datang ke Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09. 00 WIB. Dia hendak tiba di Terminal III, ” kata Munarman.

Patuh Munarman, adanya kepulangan Habib Riziek membuktikan bila Arab Saudi tidak mempercayai dengan segala informasi sebab pihak Indonesia. Segala tuduhan kalau dia terkena maslalah izin tinggal karena  overstay  terbantahkan.

”Ini terbukti pemerintah Saudi tak percaya dengan informasi dari bagian Indonesia. Buktinya Habib Riziek kini bisa pulang. Habib Riziek serupa bukan  overstay  karena visa masih berlaku dari semenjak beliau sampai sampai pualng. Jadi memang ada yang memberikan informasi palsu sebab pihak kedubes Indonesia di Saudi, ” katanya.

Mem jumlah masa yang akan menyambut Habib Riziek, Munarman mengatakan benar banyak. Tapi pihaknya tak memiliki kuasa untuk menceghnya. Yang penting kami menghimbau dengan sangat supaya masa mematuhi protokol kesehatan covid-19, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangannya.

“Kalau umat mau menjemput ana tidak bisa cegah. Kalau sedia jemput ya silahkan saja. Akan tetapi harus tertib dan mematuhi protokol dengan menggunakan masker dan bangun jarak. Dan bila melihat secara berpatokan pada viewer siaran tepat saya di Youtber ketika mengummkan kepulangan Habib Rizker, kayaknya akan ada lebih 15 ribu orang yang menyatakan siap hadir. Itu seperti datang dari berbagai penjuru indonesia, ” katanya.