Beberapa besar pengunjung destinasi wisata Batam tidak menerapkan protokol kesehatan

REPUBLIKA. CO. ID, BATAM — Sebesar destinasi wisata di Kota Batam mulai dipadati pengunjung, di antaranya di kawasan wisata Golden City Bengkong, Ahad (12/7).

Ratusan masyarakat nampak menikmati liburan di kolam yang berlokasi di Golden City. Bahkan puluhan anak-anak berenang, pada area yang memang tidak dipungut bayaran itu.

Seorang pedagang makanan di sekitar danau, Lia mengatakan, kawasan wisata itu sudah ramai sejak beberapa minggu lalu. Namun, pada akhir minggu ini bertambah padat.

“Alhamdulillah ramai, mungkin karena benar sudah ‘ new lazim ‘, ” kata dia.

Sayangnya, kebanyakan tamu tidak mengindahkan protokol kesehatan. Cuma sekitar 10 persen saja dengan mengenakan masker dengan sempurna.

Protokol kesehatan untuk mengelola jarak pun tidak dipatuhi. Begitu pula dengan imbauan mencuci tangan, relatif tidak terlihat fasilitas membersihkan tangan di sana.

Warga Bengkong, Sulastri menyatakan benar sengaja menghabiskan akhir pekan dengan mengajak keluarganya piknik di susur danau.

“Di sini memang favorit, karena gratis pula sih, ” kata dia yang menemani anaknya berenang.

Awak Batam Kota, Dina mengatakan senang berlibur ke kawasan itu.

“Paling makan aja di sini. Murah meriah. Dari pada ke tempat serupa yang lain, kudu bayar mahal. Di Batam tersebut susah cari tempat murah meriah, ” kata dia.

Di kawasan itu, selain berenang di danau, warga juga disuguhi hiburan musik angklung. Selain tersebut, terdapat beberapa permainan anak sesuai delman, kereta api dan rajin bermain.

sumber: Antara