Absennya Aguero sangat terasa untuk City, yang kesulitan untuk mengecap gol.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengaku akan menolong Sergio Aguero kembali ke skuat utama secara perlahan-lahan. Guardiola tak dapat memainkan Aguero saat klubnya bermain imbang 0-0 di derbi Manchester kontra United, Ahad (13/12).

Penyerang tim nasional (timnas) Argentina itu kembali berlaku pada pertengahan pekan lalu dibanding bangku cadangan melawan Marseille setelah absen lama karena cedera. Tetapi, Guardiola tidak dapat memainkan Aguero melawan United setelah ia menderita penyakit gastroenteritis (perut).

Absennya Aguero sangat terasa untuk City, yang kesulitan untuk me gol dalam derbi tersebut. City hanya mampu melepaskan dua tembakan tepat sasaran di Old Trafford.

Namun, Guardiola memakai contoh kasus Nathan Ake untuk menunjukkan mengapa Aguero tidak mau langsung dimainkan sebelum siap 100 persen.

“Dengan Sergio, ini selangkah demi selangkah, ” ujar Guardiola dikutip Goal , Senin (14/12). “Ia melakukan satu sesi latihan, dia absen empat bulan dan ada pemain yang, bagi mereka, tak berada di skuat tidak betul bagi mereka. Itulah mengapa terkadang saya harus menyeimbangkan tim. Untuk saya itu sangat sulit, untuk menjatuhkan Nathan Ake setelah ia bermain luar biasa melawan Marseille. ”

Pemain lain yang akan masuk kembali ke rencana Guardiola adalah bek Aymeric Laporte, tetapi ia mungkin kudu bersabar setelah John Stones serta Ruben Dias menggantikan posisinya semasa bek tengah itu absen.

“Ia pantas berada dalam tim, tetapi John Stones dan Ruben juga pantas berada di tim, ” kata Guardiola mengenai Laporte. “Mereka bermain sangat jalan di pertandingan terakhir dan tak membuat satu kesalahan pun. Aymeric bermain sangat baik melawan Marseille dan itulah poinnya, pemilihan tim. Nathan Ake bermain sangat cantik melawan Marseille, tetapi saya kudu membuat pilihan. Mereka tidak mewujudkan kesalahan. ”

sumber: Antara