Apa yang dikerjakan Alsharif ini dirintis semenjak 10 tahun lalu.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Jamal Alsharif terlihat fokus membersihkan jalanan tempat ia berada. Dia bawa perkakas yang dibutuhkan guna memudahkan menghilangkan kotor atau kotoran yang dilihatnya. Dia masukan sampah tersebut pada plastik yang disiapkannya.

Apa yang dilakukan Alsharif ini dirintis sejak 10 tahun berarakan.   Pada dekade berserakan, Alsharif menantang dirinya buat memungut sampa 30 hari selama Ramadhan di 30 jalan yang berbeda dalam Ottawa.

“Saya bicara bagian dibanding upaya kita menjaga lingkungan, menjaga kota, dan melindungi kebersihan, ” katanya laksana dilansir cbc. ca , Jumat (16/4).  

Sebelum bekerja, Alsharif biasanya lebih dulu melihat peta lalu memilih satu timah setiap hari lalu mengontrol kembali setelah selesai. Sepanjang jalan itu, Alsharif lazim banyak menemukan cangkir tiruan, plastik, dan gelas.

Terkadang tempat juga menemukan kacamata serta pisau. Tahun ini, dia lebih banyak menemukan kedok, jumlahnya mencapai 20 bahan dalam sehari. Sampah lain yang tak kalah penuh, botol hand sanitizer.