Barcelona harus membayar 5 juta euro ke Liverpool jika Coutinho juara Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA — Belum habis penderitaan Barcelona. Setelah tersingkir dari ajang Liga Champions secara memalukan, Barca harus menyiapkan sejumlah dana untuk berjaga-jaga.

Sebelumnya pada Sabtu (15/8) dini hari WIB, klub raksasa Katalan dibantai Bayern Muenchen dalam perempat final kompetisi terelite Benua Biru musim ini. Skuat polesan Quique Setien kalah 2-8 dari Muenchen dalam bigmatch di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal.

Jika melihat komposisi kubu lawan, ada nama Philippe Countinho. Gelandang serang asal Brasil itu berstatus pemain Barcelona yang menjalani masa peminjaman di FC Hollywood.

“Barcelona diharuskan membayar 5 juta euro kepada Liverpool, jika Coutinho memenangkan Liga Champions musim ini,” demikian laporan yang dikutip dari Sportsmole, Ahad (16/8).

Pada Januari 2018, El Barca mendatangkan jebolan akademi Vasco da Gama dari the Reds. Dalam perjanjian awal, ada poin yang menyatakan klub raksasa Katalan wajib menyerahkan tambahan dana, jika sang pemain bisa memenangkan kompetisi Eropa.

Sepanjang musim 2019/2020 bergulir, Coutinho cukup bersinar di Muenchen. Jagoan Selecao itu mentas di 36 pertandingan, dan mencetak 11 gol. Hitungannya dari berbagai kompetisi. Statistik di atas belum tentu membuat sang gelandang kembali ke Camp Nou.

Di sisi lain, Muenchen tidak berniat mempermanenkan status pesepak bola 28 tahun itu. Walhasil Coutinho kemungkinan besar dijual, setelah musim ini bergulir.

Sejumlah elite Eropa dikaitkan dengan pemain bernomor punggung 10 itu. Arsenal berada di garis terdepan. Kebetulan Mikel Arteta butuh sosok playmaker dalam timnya. Countiho dinilai pantas menjadi motor serangan the Gunners.