KSAD hadiri latihan antarkecabangan Bintang Yudha 2020 Kostrad di Baturaja, Palembang

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa tak hanya membimbing prajurit TNI AD seperti pimpinan ataupun atasan. Namun, dia juga sesuai seorang bapak.

Situasi itu dikatakan Bintara Pelatih (Batih) Kompi Bantuan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509, Sersan Kepala Elkana Tafuli, saat mengikuti latihan antarkecabangan (ancab) Kartika Yudha 2020 Kostrad yang dihadiri langsung oleh KSAD di Baturaja, Palembang, Sumatera Daksina.

“Dari kesan yang saya rasakan, beliau orangnya sangat berwibawa. & juga bukan hanya menjadi seorang pimpinan atau atasan bagi saya, tapi juga bisa membaur, menjadi seorang bapak bagi kami jadi prajurit, ” ujar Serka Elkana Tafuli dikutip dari akun Youtube TNI AD, Ahad (6/12).

Elkana mengaku, bangga bisa bertemu & bertatap muka secara langsung secara KSAD. Hingga secara sadar, dirinya berani meminta izin berswafoto (selfie) dengan Jenderal Andika dengan tustel ponsel yang dibawanya.

“Saya sempat meminta izin untuk melakukan selfie bersama bapak Kasad. Sebab jarang kami mendapatkan momen tersebut. Berencana akan kami pajang pada rumah sebagai kenang-kenangan bersama Bapak KSAD, ” kata Elkana.

Serka Elkana adalah satu sebab sejumlah prajurit yang ikut pada latihan mengantisipasi perang dan persiapan tempur tersebut. Pelatihan itu membina para prajurit harus rela berakhir dari keluarga selama dua pasar, demi melaksanakan tugas negara.

Latihan itu digelar untuk ke-2 kalinya bagi pasukan Kostrad di tahun 2020. Semua prajurit dituntut untuk bersungguh-sungguh dan melaksanakan disiplin secara ketat.

Namun, menurut Elkana, beratnya medan latihan tak membuat surut semangat prajurit mengikutinya hingga selesai, terutama Yonif Raider 509. “Kami dari kompi tumpuan, saya terkhususnya pelatih tentara istimewa bantuan merasa bangga bisa melakukan segala kegiatan baik pertahanan maupun serangan dalam keadaan aman, piawai sampai dengan selesainya, ” katanya.

sumber: Antara