Pemkot Serang raih penghargaan Aksara Pratama dari Kemendikbud

REPUBLIKA. CO. ID, SERANG–Wali Kota Serang Syafrudin meminta masalah buta aksara sudah teratasi. Hal ini ditunjukkan dengan penghargaan Aksara Pratama yang diraih Pemkot Serang dari Kemendikbud, Selasa (8/9).

Syafrudin menyebut Praja Serang menjadi salah satu dibanding tiga kabupaten/kota di tingkat nasional yang mendapatkan penghargaan Kendikbud itu. Tidak hanya anugerah aksara pratama, ada juga penghargaan Taman Menyuarakan Masyarakat (TBM) kreatif dan rekreatif serta penghargaan tutor pegiat abjad.

“Ini penghargaan sejak Kemendikbud yang diberikan kepada kabupaten/kota salah satunya Kota Serang. Itu artinya pertama di Kota Serbu 2020 ini buta aksara sudah selesai, ” jelas Syafrudin, sudah menghadiri peringatan Hari Aksara Universal (HAI) tingkat nasional secara daring, Selasa (8/9).

Penghargaan ini disebutnya menandakan berbagai gerakan yang dilakukan pemerintah daerah dan masyarakat sudah berlangsung baik. “Penggiat literasi baik dari kelompok bangsa maupun pemkot dengan membuat pojok-pojok baca di mall-mall di tempat keramaian sudah terlihat hasilnya, ” jelasnya.

Sementara Besar Dindikbud Kota Serang Wasis Dewanto menuturkan kedepannya akan memperkuat kemahiran skill masyarakat. Pengentasan buta aksara disebutnya harus dilanjutkan dengan pelatihan dan pengembangan kecakapan warga Kota Serang.

“Sasaran kita kedepannya memperkuat skill atau kepintaran hidupnya. Sehingga kita akan menelungkupkan untuk percepatan itu PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) pelatihan tata rias, perbengkelan termasuk LKP (Lembaga Kursus Pelatihan) karena masih pada bawah Dindikbud, ” ujarnya.