IHRAM. CO. ID, — Terjadi perkembangan kebiasaan baru di Yaman. Ruang perempuan untuk muncul ke publik saat ini lebih leluasa. Alhasil, perlahan-lahan tempat umum terkesan tidaj dikuasi laun pria saja.

Perubahan budaya di Yaman ini ditandai dengan pembuakaan kafe khusus perempuan di sana. Status ini pun mendobrak kebiasaan usaha di negara tersebut.

Ide adanya kafe khusus rani ini datang ketika aktivis sosialnUm Feras menyadari bahwa tidak tersedia ruang rekreasi bagi perempuan dalam kotanya di Yaman, dia membentuk kafenya sendiri. Upaya ini diharapkan dapat mengubah sikap tentang bisnis yang dipimpin perempuan.

“Tidak ada tempat bagi perempuan untuk berkumpul dengan nyaman, tidak ada tempat milik komunitas perempuan: di mana tim dari tata laksana hingga pegawai termuda adalah rani, ” kata Um Feras dalam kafe Morning Icon yang didirikan pada April tahun lalu di Marib, pusat Yaman, seperti dilansir Reuters.

Um Feras menyatakan, sikap tradisional konservatif yang dianut oleh banyak orang lokal terhadap perempuan yang bekerja di luar sendi membuat proyeknya baru dan ganjil bagi sebagian orang.   Dia ingin memimpin dengan meluluskan contoh untuk menunjukkan bahwa hawa dapat menjalankan usaha.

“Kata ‘kafe’ dapat dikaitkan dengan ide dan keyakinan negatif… Setiap ide baru akan memiliki pendukung dan penentang, ” katanya.  

Seorang mahasiswa kedokteran dan pelanggan kafe,   Wadad, m engatakan ketertarikannya pada konsep baru itu karena memberi ruang aman. Terlebih lagi koneksi internet kafe kendati cenderung lancar ketika negara itu sulit memberikannya secara publik.  

“Ada ruang untuk perempuan secara umum, di tengah jaringan internet yang buruk dalam Marib dan ruang yang terpatok untuk pelajar perempuan, ” sirih Wadad.  

Marib berkembang pesat menjadi kota yang ramai pada awal perang hampir enam tahun di Yaman ketika orang-orang melarikan diri dari persabungan di tempat lain. Menjalankan bisnis memang tidak mudah di negara yang dilanda konflik, penyakit, & krisis ekonomi yang semakin pelik.

Um Feras mengimpor sebagian besar kopi dan minumannya. Menjaga kualitas di tengah kemajuan harga dan fluktuasi nilai tanda uang telah menjadi tantangan nyata. Namun, dia bercita-cita untuk memperluas ke tempat rekreasi yang bertambah besar untuk perempuan dan anak-anak.