Stadion Maguwoharjo bukan kandang ana, tapi kami terpaksa berlaku di Sleman.

REPUBLIKA. CO. ID, BANDUNG — Persib Bandung mau menggunakan Stadion Maguwoharjo, Sleman untuk laga final Beker Menpora pada Kamis (22/4). Sejak babak penyisihan hingga final, Persib telah memakai stadion kandang PSS Sleman ini.

Terkira sudah lima kali Persib bermain di stadion tersebut. Dalam lima kali itu, Persib meraih empat hasil menang dan satu buatan seri. Namun pelatih Persib, Robert Rene Alberts tak merasakan adanya hubungan spesial dengan stadion tersebut.

“Stadion Maguwoharjo tidak kandang kami, tapi awak terpaksa bermain di Sleman. Kami sebenarnya lebih memilah bermain di Bandung, ” kata Robert, Rabu (21/4).

  Robert mengakui bermain dalam Sleman merupakan aturan yang memang sudah ditetapkan sebelumnya. Meski keberuntungan memihak pada Persib, namun Robert merasa kandang sendiri yang terbaik.

“Kami enak bermain di semua stadion, tapi kami merasa lebih nyaman jika bermain pada Bandung, ” kata Robert.

Stadion Maguwoharjo pun menjadi saksi tunawicara bagi skema permainan Robert selama Piala Menpora. Tutur saja rotasi yang dikerjakan di setiap babak eliminasi hingga mempercayakan Beckham sejak babak delapan besar.

Sayangnya, setelah fragmen penyisihan tim pelatih tidak banyak merotasi pemain. Robert menilai hal itu jadi imbas karena Persib lulus ke babak selanjutnya sebab pada awalnya target Persib adalah memainman semja pemain di fase babak penyisihan.

“Saya katakan berulang kali bahwa cuma ada satu pemenang dalam turnamen dan dan pemain juga ingin menjadi pemenang, ” kata Robert.

Kini target awak pun kembali meningkat. Setelah mendapatkan target bermain sebanyak mungkin, kini Persib tetap menargetkan gelar Piala Menpora ini.

“Jadi ketika selesai mencapai target dasar, otomatis akan memainkan pemain yang sudah menunjukkan kebugaran, kekuatan dan kesiapan mental untuk memenangkan pertandingan, ” kata Robert.