Pemain timnas elite muda diproyeksikan menjadi asas timnas senior di kala depan.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Hasil 4 Kemenangan dari empat sabung yang dibukukan timnas pilihan muda bola basket dengan memakai nama Indonesia Patriots di Seri 1 IBL Pertamax 2021 merupakan hasil impresif. Dengan materi pemeran muda yang baru kali pertama bermain di federasi basket tertinggi di Negara, mereka tak menunjukkan menikmati canggung. Para pemain tampul penuh semangat melibas semua lawan yang notabene bertambah berpengalaman.

Buatan ini di luar dugaan manajer tim Andi ‘Batam’ Poedjakusuma. Ia tidak memperhitungkan dengan hasil 4-0 itu. Usai laga keempat, dalam mana Indonesia Patriots menang atas Prawira Bandung, Andi Batam mengatakan, hasil empat kemenangan ini merupakan kejutan dan memuaskan.  

“Namun tanpa cepat puas masih penuh gim di seri ke-2 nanti, ” kata Batam.

Batam yang juga langganan Timnas ketika masih aktiv menjadi pemain menambahkan, awalnya tim hanya membuktikan untuk menang. Sebab, itu masih baru di perserikatan profesional.  

“Ternyata hasilnya memuaskan, suprise banget , ” kata Batam.

Guru kepala Indonesia Patriots Youbel Sondakh ketika dihubungi Republika. co. id , Senin (15/3) bersyukur dengan hasil maupun pelajaran serta perkembangan para pemainnya. Namun ia mengingatkan, ini baru awal dari perjalanan para pemai tersebut di dalam kariernya maupun tantangan menyelamatkan negara.

“Tujuan awal kita merupakan membangun pemain muda. Hendaknya mereka masih bisa tetap berkembang permainannya, ” kata Youbel yang dibantu Andrie Ekayana dan Koko Heru memoles tim ini.

Youbel mengingatkan, keikutsertaan timnas elite muda di ajang kompetisi basket tertinggi di tanah air ini untuk memberi jalan mereka agar bisa menjadi pelapis seniornya. Sejauh tersebut, kata dia, semua mengalami peningkatan sesuai dengan yang diharapkan.