Kesehatan gigi dan mulut harus dijaga selama pandemi dengan rampas gigi teratur.

REPUBLIKA. CO. ID, PURWOKERTO — Dokter gigi Panti Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) drg Irfan Dwiandhono, SpKG, MBiomed mengutarakan masyarakat perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi COVID-19. Kesehatan gigi dan mulut bisa dijaga dengan sikat gigi dengan teratur dan dengan cara yang tepat.

“Menjaga kesehatan tubuh gigi sangat penting guna menghindari berbagai permasalahan gigi, ” katanya dalam acara diskusi virtual bergabung sejumlah jurnalis LKBN ANTARA angkatan 14 (Forum G-14) yang mengangkat tema “Menjaga Kesehatan Gigi di Masa Pandemi” secara daring diakses dari Purwokerto, Ahad (13/9).

Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman itu menjelaskan, pada masa pandemi COVID-19 ada beberapa masyarakat dengan merasa khawatir untuk datang ke dokter gigi. Dengan demikian, salah satu cara pencegahan agar kondisi gigi dan mulut tetap baik ialah dengan menggosok gigi dengan cara yang benar, yaitu minimal besar kali sehari.

“Sikat gigi sehabis makan pagi dan sebelum tidur, boleh juga dilengkapi dengan penerapan obat kumur, ” katanya.

Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut menambahkan, masyarakat bisa menunda untuk datang ke dokter gigi jika kondisinya tidak darurat. Kalau kondisi tidak darurat bisa ditunda ke dokter gigi, tetapi secara tetap memperhatikan tata cara menggembala kebersihan gigi dan mulut.

Dia mengatakan, menjalani pembelaan di dokter gigi sangat tenteram selama menjalani protokol kesehatan dengan sangat ketat. Saat ini, seluruh pelayanan terkait pemeriksaan gigi telah menerapkan protokol kesehatan yang sendat.

sumber: Antara