Islam menganjurkan umatnya selalu bersikap baik dan beradab.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA – Senyuman dikenal sebagai sebuah sedekah. Sedekah sendiri merupakan amalan, dan ternyata selain senyuman juga terdapat nilai sedekah lainnya yang mudah dilakukan.

Ibnu Hibban dalam Shahih-nya menyebutkan tentang hadis mengenai senyuman. Rasulullah SAW bersabda: “Tabassumuka fi wajhi akhika laka shadaqatun, ”. Yang artinya: “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah (bagimu), ”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Untuk itulah, berwajah masam tidak dianjurkan dalam agama. Sebab Islam menganjurkan umatnya selalu bersikap baik dan beradab, salah satunya melalui senyuman yang diganjar sebagai sebuah sedekah.

Dalam kitab Mukhtashar Shahih Al-Bukhar i karya Nashiruddin Al-Albani pun disebutkan tentang hadits sedekah lainnya. Haditsnya berbunyi: “An Jabir ibni Abdillahi radhiyallahu anhuma ani Nabiyyi SAW qala: kullu ma’rufin shadaqatun, ”. Yang artinya: “An Jabir bin Abdullah bahwa Nabi SAW bersabda: setiap kebaikan adalah sedekah, ”.

Untuk itulah, alangkah baiknya bagi umat Muslim untuk terus menunaikan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih nilai kebaikan itu ternyata diganjar sebagai pahala nilai sedekah.
Link terbaru tentang Data HK