Shin meminta para pemainnya siap jika bermain tidak di posisi aslinya.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Pelatih tim nasional Nusantara U-19 Shin Tae-yong menegaskan para-para pemain di skuatnya dapat berganti-ganti posisi sesuai kebutuhan. Dikutip lantaran laman resmi PSSI di Jakarta, Senin (12/10), Shin meminta para pemainnya siap jika bermain tak di posisi aslinya.

Juru cara asal Korea Selatan tersebut mempertontonkan laga uji coba timnas U-19 kontra Makedonia Utara, Ahad (11/10). Dalam pertandingan yang dimenangi Indonesia dengan skor 4-1 tersebut, Shin menempatkan Irfan Jauhari di kedudukan sayap kiri. Padahal, pesepak bola asal klub Bali United itu biasa mengisi posisi penyerang.

“Hal ini berarti di setiap pemain nantinya bisa saja bermain dengan berbagai posisi sesuai keinginan dan skema tim, ” sekapur Shin.

Bukan cuma Irfan, selama pemusatan latihan tim nasional U-19 di Kroasia Shin selalu mengubah posisi beberapa pemain kaya Braif Fatari dan Jack Brown. Braif dan Jack yang kedudukan alaminya gelandang diturunkan sebagai penyerang oleh Shin.

Kesimpulan itu sudah menampakkan hasil. Daripada sembilan laga uji coba yang sudah dilewati di Kroasia, Braif dan Jack masing-masing sudah menghasilkan dua gol.

Tim nasional U-19 berada di Kroasia semenjak akhir Agustus 2020 untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Selama TC di Kroasia, timnas U-19 sudah menjalani sembilan pertandingan uji jika dengan hasil empat kali lulus, dua kali seri dan 3 kali kalah.

TC timnas U-19 tersebut menjadi ancang-ancang menuju Piala Asia U-19 dengan rencananya dilaksanakan pada awal tarikh 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

sumber: Antara